Perlunya Tabungan Masa Pensiun

Banyak orang yang merasa cuek dengan persiapan pensiunnya. Kalau Anda berumur 25-35 tahun, biasanya Anda sama sekali tidak memikirkan untuk mempersiapkan masa pensiun. Untuk sebagian orang, mempersiapkan masa pensiun adalah hal yang sama sekali tidak menyenangkan”.
“Anda mungkin lebih tertarik untuk menikmati saja uang Anda saat ini. Anda merasa biaya hidup Anda sudah terlalu mahal sekarang, sehingga Anda tidak ingin mempersiapkan masa pensiun Anda dimana nota bene mengharuskan Anda menabung. Tetapi begitu Anda sudah berumur 50-60 tahun, Anda akan kaget bahwa waktu ternyata begitu cepat berlalu, dan Anda belum memiliki persiapan apa-apa”.
Ada 4 (empat) alasan kenapa Anda perlu mempersiapkan masa pensiun:
  1. Tingginya biaya hidup saat ini
  2. Naiknya biaya hidup dari tahun ke tahun
  3. Ketidak-pastian ekonomi (termasuk pekerjaan Anda) dimasa mendatang
  4. Ketidakpastian fisik Anda dimasa mendatang
Pada bagian lain buku “Best Seller” tersebut Safir Senduk menulis: “Kalau kita anggap dunia ini hanya punya 2 warna, yaitu hitam dan putih, maka ada 50% kemungkinan bahwa Anda akan memilih warna yang salah dalam hidup Anda (warna hitam). Tidak kita pungkiri bahwa banyak sekali orang yang akan atau sudah telanjur memilih warna hitam dalam segala segi kehidupannya, salah satunya dari segi keuangan”.
……. “Anda bisa lihat dimana-mana: banyak orang yang bekerja dan mencari nafkah, justeru ketika sudah tidak lagi bekerja malah memiliki kehidupan yang berada di bawah standar yang diinginkannya. Pada saat masih bekerja, mereka membanting tulang selama sekitar 30-40 tahun. Tetapi tetap saja, pada saat pensiun, mereka memiliki kehidupan yang jauh di bawah standar kehidupan mereka dahulu. Sayangnya, hidup mereka hanya sekali. Sudah terlambat untuk mengoreksi”.
Kadang-kadang banyak juga orang yang menyadari pentingnya tabungan pensiun tapi merasa sulit untuk bisa mewujudkannya menjadi suatu langkah nyata. Mereka merasa akan kesulitan bilamana sebagian penghasilannya disisihkan untuk tabungan pensiun. Dalam kasus lainnya ada juga yang menabung untuk persiapan pensiunnya tapi tabungan tersebut disatukan dengan biaya-biaya hidup sehingga kalau tidak ekstra disiplin sama juga nasibnya. Sering juga orang menabung untuk hari tuanya tapi tanpa proteksi yang memadai sehingga kalau ada kebutuhan yang mendesak – seperti untuk biaya pengobatan rumah sakit – tabungan tersebut terpaksa dipergunakan.
Berangkat dari kondisi-kondisi tersebut di atas maka tabungan pensiun yang ideal adalah:
  1. Terpisah dari tabungan lain. Jadi Anda harus punya account khusus yang tidak mudah terganggu bila ada kebutuhan mendesak sekalipun.
  2. Tabungan tersebut harus terproteksi. Artinya kalau Anda terpaksa harus berobat, Anda tidak perlu menggunakan tabungan Anda tersebut untuk biaya pengobatan bahkan untuk kondisi kritis sekalipun seperti kena stroke, kanker, dan sebagainya. Dan bila terjadi sesuatu (amit-amit) seperti kecelakaan, tabungan tersebut harus tetap ada yang membayarkannya.
  3. Menabunglah di perusahaan yang sudah teruji dan terpercaya. Mengingat tabungan pensiun adalah tabungan jangka panjang, maka Anda harus pastikan bahwa lembaga keuangan tempat Anda menyimpan tabungan tersebut adalah lembaga keuangan yang telah teruji dan berpengalaman ratusan tahun dalam mengelola dana nasabahnya, punya reputasi baik, dan memiliki program tabungan yang dapat menunjang kebutuhan pensiun Anda.
Namun semua kembali kepada Anda: Apakah Anda ingin menikmati pensiun atau ingin pensiun dari kenikmatan?

Bila Anda ingin menikmati pensiun maka sekaranglah saatnya untuk memulai mempersiapkannya. Untuk itulah kami ingin sharing dengan Anda mengenai salah satu alternatif menabung untuk masa pensiun.
Di bawah ini kami sajikan satu contoh ilustrasi Asuransi Pensiun yang dikeluarkan dan dikelola oleh Perusahaan Asuransi Terbaik, lembaga keuangan dari Inggris yang sudah 160 (seratus enampuluh) tahun mengelola dana nasabahnya baik dalam bentuk investasi maupun asuransi. Di Indonesia sendiri Perusahaan ini merupakan lembaga keuangan (kategori asuransi jiwa) tebaik dengan Aset diatas 7,5 Trilyun.
Pak Edi seorang karyawan yang menyadari pentingnya tabungan pensiun. Karena alokasi dananya masih termasuk kecil dan beliau tidak mempunyai waktu untuk mengelola sendiri dana investasinya, maka Pak Edi memilih produk Asuransi Dana Pensiun.
Pak Edi saat ini berusia 30 tahun dan tidak merokok tersebut menabung sebesar Rp.500.000,00 perbulan dan rencananya beliau akan menabung selama 15 (lima belas) tahun. Ya, 15 tahun saja. Jadi hanya sampai beliau berusia 45 tahun.
Manfaat yang akan diterima Pak Edi dengan pilihannya tersebut adalah :
Manfaat nilai Tunai/Tabungan
Ketika usia Pak Edi 60 tahun tersedia dana sebesar : Rp 1,379,866,000 (Rp 1,3 Milyard) , dengan Asumsi pertumbuhan investasi rata-rata 15% pertahun
Manfaat Proteksinya adalah (Manfaat ini diberikan tanpa mengurangi jumlah tabungan)
  1. Ketika Pak Edi menjalani Opname/rawat-Inap di Rumah Sakit, Asuransi ini akan Memberikan santunan sebesar Rp 480,000 per hari (Kamar Biasa) dan Rp 960,000 per hari (jika di ICU), Pembedahan Rp 1,200,000 sd Rp 4,800,000.
  2. Ketika terjadi resiko sakit kritis (misal Stroke, Kanker, Jantung, dll), maka Asuransi ini akan memberikan santunan Rp 50 juta untuk perawatan dan STOP Nabungnya.
  3. Selain NABUNGnya STOP, Asuransi akan meneruskan nabung sampai usia Pak Edi 65 tahun sebesar Rp 6 juta pertahun atau Rp 500,000 perbulan. Jadi Pak Edi tidak perlu nabung lagi….
  4. Ketika Terjadi Resiko Meninggal, ahli waris mendapat santunan dari Perusahaan asuransi Rp 160 juta, ditambah nilai tunai/tabungan yang ada.
  5. Ketika Terjadi Resiko meninggal karena kecelakaan, ahli waris mendapat santunan Rp 260 juta, ditambah nilai tunai/tabungan yang ada. Jadi dapat disimpulkan, JAMINAN DANA PENSIUN,  senantiasa akan tersedia meski dalam perjalanan menabung terjadi suatu resiko yang tidak diinginkan.

Anda ingin mengetahui berapa banyak dana yang akan Anda peroleh bila menabung di Perusahaan kami?
Layanan kami (GRATIS alias BEBAS BIAYA)
Sebagai Perencana Keuangan kami siap melayani Anda dalam hal:
  • Menjelaskan mengenai produk Asuransi yang sesuai kebutuhan Anda
  • Membantu Anda dalam pengajuan atau pembukaan account
  • Membantu Anda bila ada klaim
  • Hubungi kami setiap saat melalui telephone, email atau YM

Terkait

Description: Perlunya Tabungan Masa Pensiun Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Perlunya Tabungan Masa Pensiun
Al
pandiangan Updated at: 22.52

0 komentar:

Posting Komentar